Senin, 20 Juli 2015

Kuliner Khas Kota Semarang

Tututjesjes kali ini mau berbagi cerita tentang kuliner khas kota Semarang. Beberapa makanan yang memang asli dan khas Semarang banget. Yang asli orang Semarang pasti tahu banget kelezatan makanan makanan ini
Kuliner khas Semarang


1. Mie kopyok
    Mie satu ini dari wanginya sudah bikin ngiler. Menu mie satu ini disajikan dengan paduan tahu goreng, tauge setengah matang, krupuk karak, lontong dan kuah bawang. Jenis mie yang dipakai adalah mie basah berbentuk pipih kecil berwarna kuning, berbeda dengan mie telur yang bentuknya besar. Mie kopyok yang terkenal di Semarang di Jl Tanjung, namanya Mie Kopyok Pak Jangkung,sekarang buka cabang di pujasera Kyai Saleh.

2. Mangut Belut
Mangut belut adalah belut yang dimasak dengan bumbu mangut yang spicy dengan rasa khas kencur. Warung mangut belut yang terkenal adalah warung belut bu Nasimah di daerah Sampangan.

3. Tahu Gimbal
Tahu Gimbal adalah perpaduan tahu goreng dan gimbal udang atau peyek udang namun lebih tebal. Disajikan dengan bumbu sambal kacang encer yang dicampur petis udang dan rasa bawang putih yang dominan.

4. Lumpia 
Lumpia khas kota Semarang berisi "bung" atau bambu muda yang dimasak dengan bumbu khas pula. Ada dua jenis lumpia yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Saat disajikan dilengkapi dengan acar timun, daun bawang muda, cabe rawit dan saus kental. Warung lumpia legendaris di Semarang ada di Gang Lombok yang selalu ramai pembeli.

5. Tahu Pong
Tahu pong adalah jenis tahu yang kosong bagian dalamnya atau kopong sehingga disebut tahu pong. Masakan tahu pong ini disajikan dalam kuah kecap yang manis dan gurih. Tahu Pong yang tak diragukan lagi kelezatannya terletak di jalan Depok Semarang.

6.  Nasi Goreng Babat
 Nasi goreng khas Semarang dibuat dengan campuran babat. Babat adalah usus sapi yang permukaannya berserabut seperti handuk. Rasa nasi goreng babat khas Semarang lebih spicy. Nasi goreng babat yang terkenal di Semarang yaitu nasi goreng babat Pak Sabar Depok dan Pak Karmin jembatan Berok.

7. Wingko Babatan
Wingko Babat adalah jajanan kue berbentuk bundar berbahan dasar kelapa muda, gula dan  beras.Penjual jajanan satu ini bisa dijumpai di stasiun kereta api, terminal bus, bandara dan toko pusat oleh oleh khas Semarang. Pada perkembangannya, terdapat banyak varian rasa wingko babat seperti original, coklat,durian dan beberapa rasa lainnya. Merk wingko babat yang terkenal adalah cap Kapal Api.

8. Roti Gandjel Rel
Nama roti satu ini cukup unik dan rasanya tak kalah unik. Bentuk roti ini padat seperti bantaln rel kereta api :) berwarna coklat dan bertekstur agak kasar. Rasanya khas kayu manis dan bertaburan biji wijen di atasnya. Kabarnya roti ini berasal dari jaman perjuangan melawan Belanda. Penasaran dengan roti satu ini, bisa didapat di toko roti Dryana di jalan Pandanaran.

Kalau mampir ke Semarang jangan lupa ya mampir icip icip kuliner khas Semarang.....hmmm yummy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar