Minggu, 12 Juli 2015

Tempat Wisata Keluarga di Semarang

Semarang tempat kelahiran kami berempat : ayah, mama, mas Evan dan adek Tito. Kalau mau jalan jalan tapi gak harus keluar kota Semarang dimana aja ? Yuk simak liputan kami kali ini.



1.Simpang Lima
Simpang Lima bisa dibilang pusatnya kota Semarang. Ada apa ya disini? 
Setiap hari Minggu pagi di sini ada car free day mulai jalan pahlawan, jalan pandanaran sampai di daerah kawasan simpang lima ditutup untuk kendaraan bermotor sampai dengan jam 9 pagi. Di sini banyak orang jualan, sepedaan, jalan-jalan, kumpul macem macem komunitas dan banyak mainan anak anak. Hiburan murah meriah di pagi hari minggu nan sejuk tanpa polusi asap kendaraan bermotor. Di sini mas Evan suka lihat anak anak kecil latihan sepatu roda, sering nyoba tapi belum mahir juga, semangat terus mas Evan.
Kalau gak pas car free day setiap harinya lapangan ditengah tengah kawasan Simpang Lima ini digunakan untuk berbagai aktivitas warga kota Semarang, dari latihan bola, main frissbe, sepedaan, main inline skate atau sekedar duduk duduk aja. Sekarang juga ada play land yang komplit ada perosotannya.

2.  Klenteng Sampoo Kong

Klenteng  Sampoo Kong adalah bangunan klenteng yang dulunya bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Sekarang bangunan ini digunakan untuk tempat bersembhayang penganut agama Kong Hu Cu. Masuk ke sini seperti berada di negara Cina (kayak pernah kesana aja hihihi). Klenteng Sampoo Kong berada di daerah Gedung Batu Simongan.

3. Pelabuhan Tanjung Mas

Namanya juga pelabuhan, jadi banyak kapal kapal berlabuh di sini. Nah lihat kapal plus naik sebentar klo pas ada yang lagi berlabuh adalah kegiatan yang disukai mas Evan dan adek Tito. Bisa betah mereka berdua di sini. Jadi gak cuma berkhayal liat kapal atau lihat di televisi. Di sini mereka bisa lihat  kapal yang berlabuh terombang ambing riak ombak plus bau  khas udara laut.

4. Pantai Marina
Pantai Marina terletak di daerah Puri Anjasmoro. Di Pantai Marina klo ga salah bayar tiket masuk sepuluh ribu per orang. Di sini pantainya gak berpasir, jadi gak bisa bikin istana pasir ;p Kita bisa menikmati suasana laut sambil duduk duduk di tepi pantai, ataupun menyewa kapal untuk berlayar sampai ke pelabuhan tanjung mas trus balik lagi.
Disekitar pantai Marina ada banyak tempat pemancingan ikan sekaligus restoran yang dibangun di atas tambak ikan di tepi pantai. Kalau makan malam di sana suasananya indah banget dengan lampu lampu taman yang dipasang disekitar tambak dan restoran.

5.Pantai Maron

Pantai Maron letaknya masih bisa dibilang terpencil dan belum banyak terpublikasi, walo sudah banyak yang tau. Jalan menuju ke pantai seperti off road, terjal, berlumpur, sempit pula. Lewatnya di sebelah bandara Ahmad Yani Semarang. Ada papan petunjuk kecil di sana. Begitu sampai pantainya sih seneng apalagi mas Evan dan adek Tito. Di pantai ini bisa berenang dan main pasir. Kalau gak bawa pelampung bisa sewa disana banyak yang menyewakan. Ada beberapa warung yang jual gorengan, sate, makanan kecil. Sayang fasilitas kamar mandi dan air bersihnya belum memadai, ala kadarnya saja.

6. Kampung Wisata Taman Lele

Kampung Wisata Taman Lele adalah tempat wisata keluarga di daerah Ngaliyan di pinggir jalan Semarang Kendal . Di sana terdapat beberapa binatang seperti buaya, berberapa jenis ayam kate, monyet, anjing, rusa, beberapa jenis burung dan ikan. Tempatnya sejuk dan rindang karena banyak pohon besar tumbuh. Ada beberapa permainan anak anak seperti kolam renang, ayunan dan perosotan. Adapula tempat peristirahatan di samping tempat wisata tersebut.

7. Kebun Binatang Mangkang

Ini ZOO nya kota Semarang. Letaknya di daerah Mangkang hampir perbatasan kota Semarang dan Kendal.
Setelah pintu masuk ada museum kecil yang isinya binatang binatang yang sudah diawetkan. Disana ada berbagai macam binatang seperti harimau, singa, beruang, gajah, rusa, monyet dan banyak binatang lain. Cuma gak ada Jerapah dan Kuda Nil, jadi ga sekomplit geng Madagascar hehehe (lupa ada zebranya gak ya). Di sini juga ada kolam renang dan beberapa mainan anak anak. Ada wahana khusus ular tapi gak masuk kesana (serem). Di kebun binatang ini kalo mo merasakan naik gajah bisa juga, klo ga salah bayar duapuluh lima ribu. Kalau mau muter muter tanpa capek bisa sambil naik kereta atau dokar/andong.

8. Goa Kreo

Goa Kreo adalah sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak . Di tempat wisata ini banyak sekali monyet berkeliaran. Jenis monyet kecil tapi berekor panjang. Di kawasan Goa Kreo Semarang ini terdapat Waduk Jatibarang. Sarannya kalau kesini jangan terlalu siang, jadi ga kepanasan, bisa lebih menikmati pemandangan waduknya.

9.  Pemancingan Ngrembel Asri

Dari goa Kreo naik lagi ke daerah gunung pati ada tempat wisata keluarga dan pemancingan namanya Ngrembel Asri. Di sini kalo hari minggu dan hari libur ramai sekali. Tempatnya asik, ada kolam renang, beberapa binatang seperti rusa,kuda, monyet, burung , bebek. Bisa langsung pesan makan atau mau pancing ikan dulu. Ada beberapa permainan juga disediakan seperti ATV, Bungee Trampolin, Climbing Wall, Floating Ball, Floating Silinder, Flying Fox.

10. Kolam renang WaterBlaster

Kolam renang WaterBlaster  tempat main air dan berenang anak anak. Letaknya di dalam perumahan Graha Candi Golf. Tempatnya luas, banyak arena permainan air. Ada tiga perosotan yang cukup tinggi dan menguji adrenalin. Kalo mas Evan dan adek Tito cukup main air dan berenang yang cipik cipik aja hahaha.

11. Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong letaknya di kota Semarang bagian atas. Menurut MURI ini adalah pagoda tertinggi di Indonesia. Vihara ini terdapat Pagoda Avalokitesvara yang memiliki tinggi bangunan setinggi 45 meter dengan 7 tingkat,di dalamnya terdapat patung Buddha besar. Ada patung Dewi Kwan Im seperti di film mandarin. Tempatnya luas dan hening, karena memang merupakan tempat sembhayang umat Buddha. Ada beberapa teratai cantik di pelataran vihara tersebut.


11.Cimory on the Valley

Cimory on the Valley adalah restoran dan juga terdapat tempat pengolahan susu. Kalo mo beli hasil olahan susu di pintu masuk resto ada tokonya. Di sana juga ada beberapa mainan anak anak, binatang sapi, rusa dan kelinci. Tempatnya cukup luas dan sejuk. Yang favorit di sini susu pasteurisasi berbagai rasa yang hmm enak. Letaknya di daerah Bawen Kabupaten Semarang. 

12. Bandungan

Bandungan ini puncaknya kota Semarang. Di daerah ini banyak ditanam sayur, bunga dan merupakan pemasok sayur dan bunga potong untuk kota semarang. Di Bandungan ada pasar bandungan yang jual sayur mayur segar dan murah. Di dekat pasar ada juga kolam renang untuk anak anak. Di daerah ini banyak sekali penginapan dan tempat pemancingan ikan.

Ternyata kalo dibuat daftar banyak ya tempat wisata di Semarang, tapi kenapa sering bingung mau kemana ya,hihihi. Ayok jalan jalan bareng keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar